12 Maret 2015

“Dua hal besar yang telah dilakukan oleh DR. Abdullah Azzam dalam Jihad Afghan. Pertama, membuat perlawanan lokal rakyat Afghan melawan penjajah Soviet menjadi PR besar umat Islam sedunia. Kedua, menyadarkan umat Islam pentingnya tarbiyah yang panjang (thulul ihtidhan) untuk menyongsong jihad fi sabilillah.”
— Abu Rusydan, alumnus terbaik asal Indonesia di Akademi Militer Mujahidin Afghanistan.
“Setelah peristiwa 911, Amerika percaya bahwa Bin Ladin telah mengubah dunia dengan satu kali pukulan. Tapi, sebenarnya Abdullah Azzam-lah, bertahun-tahun sebelumnya, yang membangun landasan kerja bagi perang yang terjadi saat ini di Afghanistan dan Timur Tengah.”
— Chris Suellentrop, Slate Magazine.
Buku yang ada di hadapan Anda ini adalah bagian dari inspirasi tersebut. Perasan dari pengalaman panjang Penulis yang malang melintang di dunia jihad, menghasilkan spirit, pembekalan sekaligus pemahaman utuh tentang jihad fi sabilillah.
Bagaimana menyikapi kelemahan Mujahidin, menjaga persatuan, motivasi untuk tetap bertahan dalam ibadah paling mulia, meski dalam tekanan dan serba keterbatasan… dan senarai refleksi Penulis tentang jihad dari A hingga Z.
Tentu, kapasitas keilmuan Penulis sebagai Doktor Syariah dengan predikat cumlaude menjadikan refleksi tersebut mengakar kuat. Membacanya, Anda seperti duduk di tengah gunung-gunung batu Afghanistan dengan dentuman bom sebagai simponi kehidupan sehari-hari. Tak berlebih kalau buku ini dinobatkan sebagai “La Tahzan”-nya jihad.
Pada seri pertama ini, Penulis banyak mengulas tentang adab kepada Mujahidin, bagaimana bertoleransi terhadap kelemahan dan kekurangan mereka; posisi Palestina di mata Jihad Afghan; keikhlasan mengorbankan diri dalam jihad fi sabilillah dan bersabar menghadapi beratnya ujian; serta pesan-pesan lain yang menggetarkan jiwa.

5 komentar:

  1. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  2. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  3. besok sudah datang Idul Adha yang kita tunggu ya gan?? Semoga anda yang beragama islam menjalankan Puasa Arafah hari ini, keep posting, thanks. Salam.

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  5. nice post, kawan.. jangan lupa kunjungan baliknya ya?? saya tunggu, terimakasih. Hhihihihihihi

    BalasHapus

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh,,,
Mohon teman2 yang mengunjungi blog ini untuk meninggalkan sepatah dua patah kata pada blog ini. Syukron